Welcome to my blog, enjoy reading.

Pages

Rabu, 01 Agustus 2012

Cara Membersihkan PC

Membersihkan komputer beserta komponen-komponen di dalamnya dan peripheral akan membantu menjaga komputer dalam kondisi kerja yang baik dan menjaga komputer dari penyebaran kuman. Komputer yang tidak pernah dibersihkan dapat mengakibatkan komputer menjadi cepat rusak, tidak sedap dipandang dan menjadi pusat berkumpulnya aneka kuman penyakit.
Seberapa sering komputer harus dibersihkan?

Frekuensi komputer harus dibersihkan bervariasi pada beberapa faktor. Apabila komputer berada di tempat umum dan berdebu, sebaiknya seminggu sekali dibersihkan. Namun bila berada di ruangan ber-AC yang bersih cukup sebulan sekali saja.
Tips Umum
Di bawah ini adalah daftar tips umum saat membersihkan salah satu komponen atau peripheral komputer serta tips untuk membantu menjaga komputer tetap bersih.
  1. Jangan menyemprotkan cairan apapun ke komponen komputer. Jika diperlukan, semprot cairan ke kain dan kemudian gunakan kain tersebut untuk membersihkan.
  2. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran, debu, atau rambut di bagian luar komputer. Namun, sebaiknya jangan menggunakannya untuk bagian dalam komputer karena menghasilkan banyak listrik statis yang dapat merusak komponen internal komputer Anda. Jika Anda perlu menggunakan vakum untuk membersihkan bagian dalam komputer Anda, gunakan vakum bertenaga baterai portabel yang memang dirancang untuk melakukan pekerjaan ini atau gunakan pembersih kamera.
  3. Matikan komputer dan cabut aliran listriknya sebelum membersihkan komputer.
  4. Hati-hati saat menggunakan larutan pembersih, karena beberapa lauran pembersih berekasi terhadap permukaan plastik dan dapat merusaknya. Cobalah untuk selalu menggunakan air atau sabun yang diencerkan.
  5. Saat membersihkan, berhati-hatilah untuk agar tidak memcabut kabel-kabel dari colokannya. Apabila memang harus mencabut, agar memperbudah akses, jagan lupa dimana kabel tersebut terpasang. Beri tanda dengan label.
  6. Saat membersihkan kipas, terutama kipas yang lebih kecil dalam komputer portabel atau laptop, disarankan bahwa Anda juga memegang kipas atau tempat di-antara bilah kipas untuk mencegahnya berputar.
  7. Jangan pernah makan atau minum di sekitar komputer.
  8. Batasi merokok di sekitar komputer.
Alat-alat untuk membersihkan komputer
Meskipun banyak perusahaan telah menciptakan produk untuk membantu membersihan komputer dan peripheral, Anda juga bisa memakai alat rumah tangga untuk membersihkannya. Di bawah ini adalah daftar alat yang mungkin Anda perlukan saat membersihkan komputer.
  • Kain – kain adalah alat terbaik digunakan ketika membersihkan komponen, sebaiknya jangan gunakan tissu, karena dapat rontok dan jatuh ke dalam komputer. Perhatian: Disarankan hanya menggunakan kain saat membersihkan bagian luar  komponen. Menggunakan kain untuk  membersihkan motherboard dapat menimbulkan listrik statis yang merusak.
  • Air atau alkohol – Ketika membasahi kain, yang terbaik adalah menggunakan air atau alkohol gosok. Cairan pembersih lainnya mungkin tidak cocok untuk plastik yang digunakan dal;am komputer Anda.
  • Vacuum portabel – Menyedot debu, kotoran, rambut, partikel rokok, dan partikel lainnya dari komputer dapat menjadi salah satu metode terbaik untuk membersihkan komputer. Seiring waktu, barang-barang ini dapat membatasi aliran udara dalam komputer dan menimbulkan korosi. Jangan menggunakan vakum standar karena dapat menghasilkan banyak listrik statis yang dapat merusak komputer Anda.
  •  Cotton bud – swap Kapas dibasahi dengan alkohol atau air adalah alat yang sangat baik untuk menyeka tempat yang sulit dijangkau.
  •  Penyeka Foam – Bila memungkinkan, lebih baik menggunakan busa.
Membersihkan Casing
Mengapa perlu dibersihkan? Agar menjaga penampilan komputer mencari baru. Juga membantu aliran udara tetap lancar ke dalam komputer. Tumpukan debu dapat merusak kipas dan aliran udara yang terhambat akan membuat suhu di dalam komputer menjadi panas dan dapat membuat komputer berhenti bekerja.
Prosedur: Casing PC dapat dibersihkan dengan kain lembut yang sudah dibasahi sedikit dengan air. Untuk noda membandel, tambahkan deterjen sedikit ke kain. Pastikan semua ventilasi dan lubang udara bersih dengan menggosokkan kain di atas lubang dan ventilasi. Aman untuk menggunakan vacuum cleaner standar saat membersihkan ventilasi luar komputer, namun, jika Anda perlu untuk membersihkan bagian dalam komputer, gunakan vakum portabel bertenaga baterai untuk mencegah listrik statis.

Membersihkan CD-ROM, DVD
Mengapa? Sebuah drive CD-ROM/DVD ROM yang kotor dapat menyebabkan kesalahan baca ketika mengakses disc. Kesalahan membaca dapat menyebabkan masalah instalasi perangkat lunak atau masalah saat menjalankan program.
Prosedur: Untuk membersihkan CD-ROM drive di sarankan membeli pembersih CD-ROM dari toko komputer. Permbersih ini akan membersihkan optik CDROM. Untuk bagian luarnya, dapat Anda bersihkan dengan kain.

Membersihkan Hard disk
Hard disk tidak dapat dibersihkan secara fisik. Yang dapat Anda lakukan adalah membersihkannya secara software, yaitu hapus file-file yang tidak terpakai dan rapikan file-file dengan menyusunnya dalam folder yang teratur. Defrag hardisk Anda agar kinerjanya kembali seperti semula.

Membersihkan Keyboard
Langkah-langkah di bawah ini adalah untuk membersihkan keyboard desktop standar.
Debu, kotoran, dan bakteri
Keyboard komputer sering terdapat kuman penyakit,  bahkan sering mengandung bakteri lebih banyak dari dudukan toilet. Pembersihanan dapat membantu menghilangkan bakteri berbahaya. Kotoran, debu dan rambut juga dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan baik.
Prosedur: Sebelum membersihkan keyboard pertama mematikan komputer, atau  jika Anda menggunakan keyboard USB cabut dari komputer. Tidak mencabut keyboard dapat menyebabkan menyebabkan masalah lainnya seperti Anda bisa menyebabkan komputer untuk melakukan tugas Anda tidak ingin lakukan.
Banyak orang membersihkan keyboard dengan membalik dan menggoyangnya. Metode yang lebih efektif adalah dengan menggunakan kompresor udara, tujuannya menghembuskan semua debu dan kotoran yang telah berkumpul di sana. Sebuah vacuum cleaner juga dapat digunakan. Jika Anda ingin membersihkan keyboard lebih bersih Anda harus mencabut tombol dari keyboard.
Setelah debu, kotoran, dan rambut telah dihapus. Semprotkan disinfektan ke kain dan gosok masing-masing tombol pada keyboard. Seperti disebutkan dalam tips umum, jangan pernah menyemprotkan cairan apapun ke keyboard.
Zat tumpah ke keyboard
Jika keyboard memiliki bekas tumpahan cariran di dalamnya (misalnya teh, kopi, susu, dll), tidak mengambil langkah yang tepat dapat menyebabkan kerusakan keyboard.


Prosedur: Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi untuk membantu mencegah keyboard dari kerusakan akibat cairan tertumpah di dalamnya.
Jika ada sesuatu yang tumpah ke keyboard segera mematikan komputer atau setidaknya lepaskan dari komputer. Setelah itu segera membalik keyboard agar mencegah cairan menyebar. Sementara keyboard terbalik, goyangkan keyboard di atas permukaan yang dapat dibersihkan kemudian. Gunakan kain kering untuk membantu membersihkan. Setelah dibersihkan sebaiknya diamkan keyboard sampai kering. Jika setelah membersihkan keyboard Anda memiliki tombol yang lengket, cabut tombol tersebut dan bersihkan area di sekitarnya.
Jika setelah melakukan semua langkah di atas keyboard tidak berfungsi dengan baik disarankan Anda membeli keyboard baru.
Membersihkan LCD
Mengapa? Kotoran, debu, dan jari cetakan dapat menyebabkan layar komputer akan sulit untuk dibaca.
Prosedur: Tidak seperti monitor komputer, layar LCD / flat-panel tidak terbuat dari kaca, karena itu memerlukan prosedur pembersih khusus.
Ketika membersihkan layar LCD adalah penting untuk ingat untuk tidak menyemprotkan cairan apapun ke LCD secara langsung, tekan dengan lembut saat membersihkan, dan jangan menggunkan kertas tisu karena dapat menyebabkan LCD menjadi tergores.
Untuk membersihkan layar LCD kami sarankan Anda menggunakan kain microfiber atau kain katun lembut. Jika kain kering tidak sepenuhnya membersihkan layar, Anda dapat menuangkan alkohol ke kain dan usap layar. Alkohol umunya digunakan untuk membersihkan LCD sebelum meninggalkan pabrik.

Membersihkan Motherboard
Mengapa? Debu dan terutama partikel dari asap rokok dapat menimbulkan korosi pada sirkuit menyebabkan berbagai masalah seperti kemacetan komputer. Demikain juga debu yang yang berkumpul di fan/heatsink processor dapat menyebabkan pendinginan processor tidak maksimal dan mengakibatkan komputer macet.
Prosedur: Rekomendasi saat membersihkan motherboard dari debu, kotoran, atau rambut adalah dengan menggunakan kompressor udara. Alternatif lain yang baik adalah dengan menggunakan vakum portabel bertenaga baterai yang dapat secara efektif menghilangkan debu, kotoran, dan rambut dari motherboard. Namun, jangan menggunakan vakum standar bertenaga listrik karena dapat menyebabkan banyak listrik statis yang dapat merusak komputer. Bila menggunakan vakum sangat penting bahwa Anda tetap menjaga jarak beberapa cm dari motherboard dan semua komponen lainnya untuk mencegah komponen tersedot ke dalam vakum.

Membersihkan mouse
Mengapa? Sebuah mouse yang kotor dapat menyebabkan mouse menjadi sulit untuk bergerak serta menyebabkan gerakan mouse aneh.
Prosedur: Untuk membersihkan mouse optikal, bersihkan bagain bawah mouse, tempat debu menempel

Membersihkan Printer
Mengapa? Membersihkan bagian luar printer dapat membantu menjaga penampilan printer tampak baik, dan menjaga printer bersih dari kuman.
Prosedur: Pertama, pastikan untuk mematikan printer sebelum membersihkannya. Basahi kain dengan air atau alkohol dan lap casing printer dan tombol-tombol pada printer. Seperti disebutkan sebelumnya, tidak pernah menyemprotkan cairan apapun secara langsung ke printer.

Membersihkan Scanner
Mengapa? Scanner flatbed biasa menjadi kotor dengan debu, sidik jari, dan rambut. Ketika scanner kotor, gambar hasil scan mungkin memiliki distorsi.
Prosedur: Bersihkan permukaan scanner flatbed itu dengan menyemprotkan pembersih jendela ke kain katun dan lap kaca sampai bersih. Seperti disebutkan sebelumnya, tidak pernah menyemprotkan cairan secara langsung ke komponen.
Untuk membersihkan bagian luar scanner, kain handuk atau katun yang sama dapat digunakan.

1 komentar:

intan purnamasari mengatakan...

makasih yua atas infonya
rajalistrik.com

Poskan Komentar