Welcome to my blog, enjoy reading.

Pages

Rabu, 01 Agustus 2012

Tentang SoundCard

Apa Itu SoundCard? 

Sound card adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk merekam dan mengeluarkan suara. Sound card inilah perangkat yang digunakan untuk mendengarkan musik atau video ketika menggunakan komputer. Pada awalnya, sound card ini hanyalah alat pelengkap saja pada komputer. Namun sekarang, sound card adalah hal wajib yang harus ada dalam perangkat komputer.
Bentuknya yang mungil membuatnya tidak terlalu memakan tempat. Tugas sound card adalah untuk memroses data atau file dari komputer menjadi suara. Gampangnya, ketika kalian membuka file musik, disitulah tugas sound card untuk mengubahnya menjadi suara sehingga kita bisa mendengarnya.
Menurut cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang langsung menempel pada motherboard
  2. Sound Card Offoard, yaitu sound card yang pemasangannya sudah pada ISA/PCI pada motherboard. Saat ini, kebanyakan sudah menggunakan PCI.
  3. Sound Card Exteral, yaitu sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui post USB atau FireWire.
Mau tau kayak apa tampang sound card? Ini dia :


Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis. Namun yang sekarang digunakan adalah Waveable Synthesis. Sedangkan untuk digital audio, yang sebelumnya menggunakan 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 kanal atau lebih (surround). Kualitasnya pun sudah sangat baik. Jika dulu hanya 8 bit, sekarang bahkan sudah mencapai 64 bit.
 
Cara Kerja SoundCard :
Ketika mendengarkan suara dari sound card, data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini kemudian diproses oleh DSP (Digital Signal Processing: pengolah siynal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter: konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker
Ketika anda merekam suara lewat microphone, suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter: konversi analog ke digital) mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini disimpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3
ada beberapa teknologi cara kerja sound card:
Teknologi awal dengan metode penghasil suara adalah FM Synthesis. FM Synthesis ini masih belum dapat menghasilkan kualitas suara yang baik pada alat yang menggunakan teknologi FM Synthesis ini. Cara kerjanya yaitu melengkapi  sound card dengan synthesizer chip. Chip inilah yang bertugas untuk memproduksi sinyal yang merupakan awal dari pembentukan suara. Dengan menggunakan beberapa kombinasi sinyal, maka chip tersebut dapat membuat bentuk kombinasi gelombang suara, dan gelombang suara tersebut dibentuk sedemikian rupa hingga dapat mengeluarkan suara yang hampir sama dengan suara yang dihasilkan oleh instrumen atau alat yang sebenarnya tersebut.
Kebanyakan motherboard yang dijual saat ini, menggunakan teknologi penghasil suara yang dinamakan Waveable Synthesis.  Artinya adalah, ROM on-board yang terdapat pada moterboard merupakan perangkat yang menyimpan semua rekaman suara. Kemudian rekaman suara tersebut ketika akan digunakan, akan disesuaikan pitch-nya atau juga dapat digabungkan untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan lebih relevan. Kebanyakan memori card dapat diupgrade, sehingga dapat membuat kualitas suara yang lebih jernih.
Metode ketiga disebut sebagai Physical-modelling synthesis. Secara sederhana, sound card yang menggunakan metode ini akan meniru getaran suara yang dihasilkan oleh instrument (seperti dawai gitar), dengan membuat model suara yang serupa melalui software. Metode ini marak digunakan saat ini dan mulai populer. Salah satu perusahaan yang menggunakan metode ini yaitu Creative Labs, yang telah memperoleh capaian yang membanggakan dalam dunia hardware audio.

Cara Memasang SoundCard :

Nah, langkah pertama untuk memasang off board, yaitu, siapkan peralatannya. apa saja peralatannya? Standarlah. Semacam obeng kecil untuk membuka casing komputer, dan alat lain yang mungkin dibutuhkan. (admin sendiri belum pernah masang sound card sendiri sih). Pastikan komputer (PC) dalam keadaan mati dan kabel power sudah dicabut. Lepas pula kabel-kabel yang terpasang pada PC anda.

Setelah itu buka casing dan  anda bisa melihat slot PCI , biasanya slot PCI  berwarna putih, jumlah slot PCI pada motherboard berbeda-beda.
Kemudian anda bisa mulai untuk memasang sound card anda pada slot PCI, anda cukup menekan sound card yang telah anda siapkan pada slot PCI. Hati-hati agar tidak merusak sound card. Tekan setiap sudut pada sound card untuk memastikan sound card anda telah terpasang dengan benar. Sebaiknya slot PCI yang digunakan antara VGA dan Sound card jangan terlalu berdekatan.
Tahap terakhir adalah menginstall driver. Biasanya ada CD untuk driver soundcard. Atau anda bisa mendownload nya pada situs vendor sound card anda. setelah menginstall driver sound card anda. sekarang anda bisa menikmati hasil suara sound card baru anda.

3 komentar:

kally jhon mengatakan...

Currently some people face transport level error that has been occurred mostly when you get the result from the server for a long time. Every first four days you can see this issue on your Gemini exchange and you never sure about it how you can face such issues. It should be happen repeatedly with no interference of human beings. It can also happen while updating issues or looking at list issues. The error message that will be appear on our screenit will be “It’s a SQL server error and contact your Dba. In order to resolve this issue you simply contact us on Gemini customer support number at 1-800-861-8259 team by calling on Gemini customer support number.
Gemini Number
Gemini Contact Number
Gemini Toll Free Number
Gemini Support Number
Gemini Phone Number
Gemini Helpline number
Gemini Support Phone number
Gemini Customer Support
Gemini Customer Service
Gemini Customer Service Number
Gemini Wallet phone Number

jhon kabul mengatakan...

F1 fault may appear on our Blockchain over range due to various reasons. But meaning of all those error that we face in Blockchain is always remain same. The meaning of error will be display relay control board thought that your temperature will be on your lower oven range is running away and get too much hot in order to fix out these issue you simply call upon Blockchain customer Service number at 1-800-861-8259 . It should be the best option and inform them about the issue that you face on Blockchain exchange our support team can check those issue and respond them immediately.
Blockchain Number
Blockchain Contact Number
Blockchain Toll Free Number
Blockchain Support Number
Blockchain Phone Number
Blockchain Helpline number
Blockchain Support Phone number
Blockchain Customer Support

jhon martu mengatakan...

Is your account got frozen? Do you know how to recover it? Well, account getting frozen is an issue of concern. If you don’t know how to fix this issue, all you can do is dial Binance support phone number and get your issue resolved in less time with utmost solutions and remedies. The experts will guide you every solution in step wise manner and help you at every step. So, immediately connect to binance customer service number team if you encounter any serious issue. If you get stuck in mid while using on Binance or faces difficulty Binance Customer Service Number using any Binance application, then you can reach the experts who have profound knowledge in solving the issues. You can contact them via Binance toll-free number anytime as per your choice.

Posting Komentar